Kebakaran Ilalang Bikin Panik Warga

SERANG,SNOL– Warga Kalapa Lima Rt.01/02 Desa Baros Kecamatan Baros Kabupaten Serang, dibuat panik oleh kebakaran ilalang. Sebab, kebakaran tersebut berada dekat dengan pemukiman warga, dan mereka khawatir api merambat ke rumah warga yang padat penduduk.Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran ilalang terjadi pukul 13.00 Wib. Penyebanya adalah puntung rokok yang sengaja dibuang oleh seseorang ke aeral ilalang kering. Tidak disangka, bara puntung rokok itu keluar api dan membakar rumput ilalang kering. Lama-lama api terus merambat dan membesar hingga membakar ilalang di area itu. Warga yang melihat kejadian itu berusaha memadamkannya dengan cara bergotong royong. Api juga sempat membakar pepohonan milik warga sekitar.

“Sekitar dua jam, api berhasil dipadamkan. Luas ilalangnya mencapai sekitar setengah hektar. Kita pada panik, soalnya api sangat besar takut merembet ke rumah. Apalagi jaraknya hanya beberapa meter dengan rumah warga,” kata Amran, Ketua RT 01 Kampung Kalapa Lima, Jumat (4/9).

“Warga turun semua, setelah kita infromasikan di masjid. Kami juga minta bantuan ke Damkar,” tambahnya.

Anggota Polsek Baros, Briptu Dadi Saputra mengatakan, selama musim kemarau baru pertama kali ini terjadi kebakaran ilalang. “Baru ini ada kebakaran alang-alang (ilalang,red). Biasanya kebakaran rumah akibat konsleting listrik. Beruntung, api bisa dipadamkan oleh warga,” ungkap Briptu Dadi.

Sementara, Kepala Bidang (Kabid) Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran, Imron Ruhyadi mengaku, selama musim kemarau ini benyak menangani kasus kebakaran alang-alang. “Selama bulan Agustus ada 13 kasus kebakaran kita tangani, kasus kebakaran paling banyak adalah alang-alang. Penyebabnya, ada yang memang sengaja untuk perluasan lahan, ada juga yang tidak disengaja seperti ini,” imbuhnya.(sidik/mardiana/jarkasih)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.