Paus Benediktus Segera Mundur

ROMA,SNOL Pemimpin tertinggi umat Katolik Roma, Paus Benediktus XVI mengumumkan rencana pengunduran dirinya pada akhir Februari ini. Pemilik nama asli Joseph Ratzinger itu berencana mundur karena kondisi fisiknya.
“Paus mengumumkan ia akan meninggalkan kepemimpinan 28 Februari sekira pukul 20.00 waktu setempat,” tutur Juru Bicara Vatikan, Federico Lombardi seperti dilansir AFP, Senin (11/2).
Paus yang kini berusia 85 tahun, merasa sudah tidak mempunyai kekuatan dalam menjalankan tugasnya. “Untuk alasan ini dan dengan penuh kesadaran atas seriusnya hal ini serta dengan kebebasan penuh, saya menyatakan bahwa saya meninggalkan jabatan sebagai Uskup Roma dan penerus Santo Petrus,” ungkap Paus dalam pertemuan dengan para Kardinal di Vatikan hari ini.
Sebelumnya, dalam wawancara buku tahunan, Paus Benediktus pernah mengisyaratkan dirinya akan mengundurkan diri jika merasa tidak sanggup lagi melaksanakan tugas kepausannya. Pengunduran diri Paus baru pertama kali terjadi sejak berabad-abad lalu, saat Gereja Katolik Roma berawal. (ian/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.