Pabrik Pupuk Meledak, Texas Mirip Zona Perang

TEXAS,SNOL Sebuah pabrik pupuk di Kota West di Negara Bagian Texas, Amerika Serikat, meledak Rabu (17/4) malam waktu setempat. Ledakan keras mengguncang kawasan itu disertai  bola api yang membumbung ke angkasa.

Api akibat ledakan tangki amoniak itu juga melahap rumah-rumah warga di sekitar pabrik. Kondisi ini sontak menimbulkan kepanikan.
‘’Saya tidak pernah melihat hal seperti ini sebelumnya. Ini terlihat seperti kawasan perang,’’ kata aparat keamanan McLennan County, Parnell McNamara kepada Reuters.

Selain jilatan api, sebaran gas beracun yang keluar dari pabrik itu juga  memaksa sekitar 2800 warga sekitar dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Akibat musibah ini, sekitar 160 warga dilaporkan mengalami luka-luka.

Namun demikian jumlah korban tewas dikhawatirkan akan mencapai lebih dari 60 orang mengingat eskalasi ledakan yang cukup luas.  Pendataan jumlah korban tewas ini belum bisa dilakukan secara maksimal mengingat kondisi kota yang gelap gulita akibat terputusnya sambungan listrik.

Pihak keamanan setempat memerkirakan penghitungan jumlah korban baru bisa dilakukan setelah hari mulai terang Kamis (18/4) waktu setempat.
‘’Ada banyak sekali warga yang terluka, ada banyak warga yang tidak akan berada disini besok pagi,’’ kata Walikota West Tommy Muska memperkirakan banyaknya warga yang menjadi korban Rabu malam, seperti dikutip CNN.

Hingga kini belum diketahui penyebab utama ledakan pabrik West Fertilizer Co ini. Pihak berwajib tengah menyelidiki adakah dugaan tindak kriminal dalam musibah ini. Ledakan ini sendiri hanya berselang beberapa hari dari ledakan mematikan yang mengguncang acara Boston Marathon.(zul/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.