Cita Rasa Sop Gurame Asam Pedas Manado Sunda

Apa jadinya cita rasa tanah Pasundan dan Manado melebur dalam satu sajian? Hmm..pasti nikmat!

Itulah gambaran sajian Sop Gurame selera khas dari Restoran Warung Sunda di Jalan Raya Serpong, KM 8, Kota Tangerang Selatan.
Lewat ikan gurame ini, resep Manado dan Sunda telah menyihir lidah karena menjadi sajian istimewa. Ikan jenis air tawar ini memang selalu enak dengan bentuk sajian apapun. Dibakar, digoreng, atau dipepes.

Nah, jika ikan yang dagingnya empuk bersisik ini disajikan menjadi sop, seperti apa rasanya? “Menu ini saya yang menemukan sendiri. Berasal dari inspirasi perpaduan Manado tanah kelahiran saya, dan tentu kuliner Sunda,” tutur Laurina Ingkiriwang, selaku owner dari Restoran Warung Sunda.

Dalam satu mangkuk besar sajian sop gurame, pengunjung bisa memilih berapa berat ikan gurame yang ingin dihidangkan. Restoran ini menjualnya per ons dengan harga Rp 10 ribu. Untuk menikmati seporsi sop ini, ukuran ikan bisa mencapai 5-8 ons per ekornya.

Soal rasa, Laurina berani jamin, siapapun yang pernah mencicipinya, pasti akan ketagihan. “Karena sudah 3 tahun berturut menu ini jadi andalan di sini,” ujarnya.

Kuah sop berwarna merah bening, dipercantik dengan campuran cabai rawit segar di dalamnya. Sangat cocok bagi anda penikmat pedas. Sekali saja anda menyendok kuah sopnya dan mendarat ke lidah anda, rasa asam pedas akan menimbulkan sensasi tersendiri.

“Asamnya itu alami, dari tomat yang dibiarkan mencampur dan perasan jeruk nipis di sana,” ujar Renny sang manager restoran.
Jika anda berkunjung ke restoran ini datang bersama keluarga, silahkan pesan satu porsi mangkuk besar sop gurame ini, karena dalam satu sajiannya, cukup untuk disantap berempat.

Segarnya Es Punclut

Sehabis menyantap habis Sop gurame, tak lengkap rasanya bila tak menyantap sajian penutup. Cobalah pesan es punclut, sejenis es campur, tampil cantik dengan sirup merah di atasnya.

Hmm..dari penampilan yang berwarna merah muda, dengan gunungan serutan es batu di atasnya begitu sedap terlihat. “Karena bentuk es batunya menggunung seperti punclut, kami menyebutnya es punclut,” ucap Renny.

Ingin membuatnya di rumah? Mari kita coba. Siapkan berbagai jenis buah, seperti irisan alpukat, apel, mangga, dan berbagai buah yang anda suka. Untuk campurannya, siapkan nata coco, dan kelapa.

Masukan semua campuran buah dan nata coco. Tuangkan serutan es batu, bentuk hingga membentuk gunung atau punclut. Siram serutan es dengan sirup coco pandan berwarna merah, susu kental manis,es punclut siap dihidangkan.
Minuman segar kaya vitamin dari buah dan susu ini selain cocok disantap sesudah makan, cocok juga dihidangkan disaat siang hari. Dijamin, membuat segar para penikmatnya. (pramita/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.