Pos Damkar Kronjo Terbengkalai

Tidak Difungsikan Sejak Dibangun Tahun 2015

KRONJO,   SNOL – Bangunan Pos Pemad­am Kebakaran (Damkar)   di Kampung Pasar Baru,   Desa Pasilian,   Kecamatan Kronjo,   Kabupaten Tangerang saat ini dalam kondisi terbengkalai. Pasalnya,   meski proyek pembangunan Pos Dam­kar sudah selesai dibangun pada tahun 2015 lalu, namun bangunan tersebut belum Difungsikan sebagai Pos Damkar oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tangerang

Salah seorang warga Kampung Pasilian, Desa Paslian, Kecamatan Kronjo Wahyudin mengaku heran dan me­nyayangkan Pos Damkar yang sudah selesai bangun tidak segera difungsi­kan oleh BPBD Kabupaten Tangerang. Sehingga saat ini kondisi bangunannya sudah mulai mengalami kerusakan .

“Sayang jika tak dimanfaatkan karena saya yakin untuk membangunnya me­merlukan dana yang tak sedikit,” jelas Wahyudin.

Menurut Wahyudin jika pos Dam­kar Kronjo tersebut difungsikan maka bila ada terjadi kebekaran tentunya akan mempercepat penanganannya. Karena saat ini jika terjadi kebakaran harus menunggu dari mobil damkar dari Sepatan atau daerah lainnya yang tentunya membutuhkan waktu untuk sampai ke tempat kejadian.

“Jika ada pos damkar maka keba­karan di wilayah Kronjo akan cepat di­tangani sehingga bisa menekan keru­gian termasuk korban.” Jelasnya.

Wahyudin berharap, Pemerintah Ka­bupaten (Pemkab) Tangerang melalui BPBD segera memfungsikan Pos Dam­kar Kronjo untuk ditempati oleh petugas Damkar sebab bila tidak segera ditempati dikhawatirkan bangunannya akan rusak dan akan menjadi tempat pembuangan sampah. “Saya yakin bila sudah difungsi­kan tidak akan ada yang buang sampah di samping Pos Damkar,” harapnya.

Dihubungi terpisah,   Kepala Badan Penangulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tangerang Agus Suryana membenarkan, Pos Damkar Kronjo yang sudah selesai dibangun pada ta­hun 2015 hingga kini belum ditempati oleh petugas Damkar.   Menurut Agus tidak ditempati Pos Damkar Kronjo karena pihaknya kekurangan personil dan peralatan Damkar.

Namun demikian,   Agus memastikan bahwa Pos Damkar Kronjo akan di­tempati pada tahun yang akan datang. “Pos Damkar Kronjo akan ditempati pada 2019 mendatang. Saat ini,   kita sedang mengajukan penambahan per­sonil dan peralatan Damkar ke Pemkab Tangerang,” singkatnya Agus melalui telepon.

Sementara itu,   Camat Kronjo Asmawi mengatakan pihaknya sudah beberapa kali menyampaikan ke BPBD Kabupat­en Tangerang untuk segera memfungsi­kan Pos Damkar Kronjo. Namun hingga saat ini belum ada tindak lanjut.

“Saya juga berharap,   Pos Damkar Kronjo agar bisa cepat ditempati agar bila ada terjadi kebakaran di Kronjo dan sekitarnya bisa cepat diantisipasi,”   pungkasnya. (imron/hendra)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.