Pengamat: Arief dan Zaki Sulit Dikalahkan

TANGERANG, SNOL—Pemilihan Ke­pala Daerah (Pilkada) 2018 digelar serentak dalam beberapa waktu dekat ini. Termasuk pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tangerang dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Ka­bupaten Tangerang.

Dalam pilkada yang akan ber­langsung pada tahun mendatang dinilai tidak berjalan keras di ked­ua wilayah tersebut. Pasalnya dari petahana diprediksi bakal kembali memenangi pesta demokrasi lima tahunan ini.

KANDIDAT PETAHANA: Bakal  calon Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dianggap sulit dikalahkan dalam pilkada serentak. (Istimewa)

Hal tersebut diungkapkan lang­sung oleh pengamat politik Uni­versitas Islam Negeri Syarif Hi­dayatullah (UIN) Ciputat Tangerang Selatan, Zaki Mubarok. Ia menyebut bahwa Arief R Wismansyah dan Ahmed Zaki Iskandar berpeluang besar menjadi Walikota Tangerang serta Bupati Tangerang periode 2018 – 2023.

“Mereka ini para incumbent merupakan calon yang sulit dika­lahkan pada Pilkada 2018,” ujar Zaki Mubarok kemarin. Menurut Zaki kedua orang itu sangat memi­liki modal yang signifikan. Baik dari segi material mau pun penggalan­gan massa.

Pasalnya mereka tengah sama – sama berkuasa. Sehingga mudah saja menggalang dukungan dari berbagai elemen masyarakat. “Ter­masuk juga sejumlah partai politik,” ucapnya. Ia menuturkan banyak parpol sedang berlomba – lomba dalam mengusung calon petahana ini. Sehingga kedua kandidat itu sangat mudah mendapatkan reko­mendasi dari para elite politik.

“Parpol juga tidak mau kalah dalam pertarungan pilkada, sebab mengusung mereka sangat potensial untuk menang. Bahkan parpol – par­pol itu sendiri yang mendekati kedua orang itu. Ya pastinya ada deal – deal politik di dalamnya,” kata Zaki. Ia juga menambahkan sejumlah kan­didat lainnya malu – malu dalam mengikuti proses demokrasi. Mereka tak berani menentukan sikap dan menyatakan untuk maju bersaing dengan petahana. (jpnn/made)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.