Konsinyasi Runway 3 Capai Rp 151 Miliar

BANDARA, SNOL— PT Angkasa Pura II telah mengucurkan dana sebe­sar kurang lebih Rp 2,5 triliun untuk pembebasan lahan pembangu­nan landasan pacu 3 atau Runway 3 Bandara Soekarno-Hatta. Dari Rp 2,5 triliun, sebanyak Rp 151,5 miliar diantaranya adalah uang ganti keru­gian yang dititipkan (konsinyasi) ke Pengadilan Negeri Tangerang.

Vice President Of Corporate Com­munication PT Angkasa Pura II, Yado Yarismano mengatakan sebagian dana tersebut telah diambil oleh pemilik lahan. “Dari total bidang yang konsinyasi di Pengadilan Neg­eri Tangerang, sebagian telah diam­bil oleh penerima ganti kerugian,” kata Yado kepada di Bandara Soetta, Tangerang, Rabu (19/9).

Adapun lahan ganti kerugian yang dikonsinyasikan ke Pengadilan Neg­eri Tangerang seluas kurang lebih 10 hektare atau sebanyak 96 bidang lahan. Menurutnya saat ini jumlah konsinyasi sudah terbilang tinggi.

“Jumlah konsinyasi yang telah di­ambil oleh penerima ganti kerugian mencapai Rp 43,8 miliar,” kata Yado.

Menurut Yado, progres pembe­basan lahan terus berjalan dengan baik. Pembayaran ganti kerugian kepada pemilik lahan yang telah menyatakan setuju dengan nilai dan bentuk kerugian terus dibayarkan.

“Saat ini masih berjalan dengan baik, proses pembayaran terus ber­langsung,” katanya.

Dana ganti kerugian lahan yang dibebaskan untuk pembangunan Runway 3 Bandara Soetta, PT Ang­kasa Pura II didapatkan dari PMN atau Penyertaan Modal Negara pada tahun 2015 dan 2016 lalu. Adapun pembebasan lahan untuk pemban­gunan Runway 3 dengan panjang landasan 3.000 meter dan lebar 60 meter ditarget rampung tahun ini.

Kepala BPN Kabupaten Tangerang Himsar mengatakan proses pem­bayaran pembebasan lahan sem­pat berhenti lantaran terken­dala adaanya isu yang tidak baik. Kendati demikian pihaknya men­gaku di pekan ini proses pembayaran akan tetap dilakukan.

“Kami kemarin terhenti karena ada kendala sedikit, tapi setelah kami selidiki tidak ada masalah. Tapi kami pastikan ini akan berjalan dengan baik dan kami juga dikawal oleh pihak pengadilan,” tukasnya. (iqbal/gatot)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.